Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Abraham Lincoln

Beatdownx - Fakta Abraham Lincoln - Hi, the article you are reading is Fakta Abraham Lincoln,the information that we present as best as possible. Hopefully the contents of the post Article Info Unik, Article Reading, that we wrote according to what you are looking for, useful and can help you. all right, have a nice reading.

Fakta Abraham Lincoln

Lahir dari orang tua petani miskin yang tidak berpendidikan di sebuah pondok kayu satu kamar, perjalanan Abraham Lincoln menjadi salah satu presiden terbesar Amerika Serikat benar-benar luar biasa dan inspirasional.
Dia dikenang memainkan peran penting dalam proses yang mengarah pada penghapusan perbudakan dan menyelamatkan Amerika Serikat dari perpecahan akibat perang saudara.
Di atas segalanya, Lincoln juga akan dikenang karena surat-surat dan pidatonya, karakter, tekad, dan ketekunan yang dia miliki.
Berikut merupakan fakta menarik tentang Abraham Lincoln.
1. Pada tahun 1842, Lincoln menikah dengan Mary Todd. Pasangan ini memiliki empat putra, Robert, Edward, William dan Thomas
Lincoln berbagi hubungan khusus dengan Ann Rutledge dan Mary Owens sebelum bertunangan dengan Mary Todd.
2. Abraham Lincoln adalah presiden ke 16 Amerika Serikat. Pada pemilihan presiden tahun 1860, Lincoln tidak berkampanye di jalan, melainkan dengan mendistribusikan poster, leaflet, dan editorial surat kabar.
3. Lincoln mengawasi dengan ketat jenderal utamanya selama perang saudara. Dia berperan dalam meredakan peristiwa Trent Affair dengan Inggris pada tahun 1861.
4. Pidato Abraham Lincoln di Gettysburg adalah salah satu pidato politik yang paling dikutip dalam sejarah.
Pidato ini menandai berakhirnya pertempuran berdarah Gettysburg dan Perang Saudara Amerika.
Pidato itu disampaikan pada hari Kamis sore, 19 November 1863 di makam prajurit Gettysburg, Pennsylvania.
5. Edwin Booth, kakak John Wilkes Booth yang membunuh Abraham Lincoln, pernah menyelamatkan nyawa Robert, salah seorang putra Abraham Lincoln.
Edwin menarik Robert sehingga menyelamatkannya dari tertabrak kereta pada tahun 1864 di Jersey City.
6. Lincoln lahir di sebuah pondok kayu satu kamar di Farm Sinking Spring, Kentucky. Menjadikannya presiden AS pertama yang berasal dari sebelah barat Pegunungan Appalachian.
7. Nenek moyang Lincoln adalah Samuel Lincoln. Samuel datang ke Massachusetts pada abad ke 17 dari Inggris.
8. Lincoln hanya bersekolah selama 18 bulan. Setelah itu, dia belajar sendiri secara otodidak dengan membaca begitu banyak buku.
9. Lincoln mahir bergulat dan terampil menggunakan kapak. Tapi, dia tidak memancing dan berburu karena kecintaannya terhadap binatang.
10. Beberapa makanan kesukaan Lincoln antara lain ‘lamb shanks’, ‘chicken casserole’, dan ‘scalloped oysters’.
11. Abraham Lincoln lahir pada 12 Februari 1809 dari orang tua bernama Thomas Lincoln dan Nancy Hanks. Mereka berdua petani tidak berpendidikan.
12. Dia berhasil memimpin Amerika melalui perang saudara serta menghapuskan perbudakan.
Emansipation Proclamation yang dikeluarkan pada tanggal 22 September 1862 merupakan tanda berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat.
13. Sebelum pemilihan presiden pada tahun 1860, Abraham Lincoln pernah menjadi pengacara, legislator negara bagian di Illinois, anggota DPR, dan dua kali berkampanye untuk pemilihan Senat AS.
14. Abraham Lincoln mengelola sendiri usaha kampanye presiden agar terpilih untuk kedua kalinya pada tahun 1864.
15. Lincoln dianggap sebagai salah satu presiden AS terbesar.
16. Abraham Lincoln sangat dekat dengan ibu tirinya Sarah Bush Johnston, tetapi berjarak dengan ayahnya. Ibu kandungnya meninggal ketika Abraham berumur sembilan tahun.
17. Abraham Lincoln selalu terpesona dengan mesin dan memiliki paten untuk sebuah perangkat yang memungkinkan kapal tetap terapung diatas beting. Paten tersebut bernomor 6469, dan dikeluarkan pada 22 Mei 1849.
18. Abraham Lincoln berasal dari keluarga yang tergabung pada gereja Baptis Hardshell. Namun, Abraham sendiri tidak pernah bergabung dengan gereja manapun selama hidupnya.
19. Abraham Lincoln memiliki firasat tentang pembunuhan terhadap dirinya, yang dia sampaikan kepada pengawal utamanya Ward Hill Lamon, lama sebelum peristiwa sebenarnya terjadi.
20. Pembunuhan Lincoln membuatnya menjadi presiden Amerika pertama yang tewas dengan cara demikian.
Abraham Lincoln meninggal pada usia 56 tahun dan jenazahnya dimakamkan di Springfield, Illinois.[]

Article Fakta Abraham Lincoln

Thats all Article about Fakta Abraham Lincoln for this time, thanks for reading and dont forget to share if this article helps you.

Related Post