Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Gadget (Widget ) Yang Terhapus di Blogger

Beatdownx - Cara Mengembalikan Gadget (Widget ) Yang Terhapus di Blogger - Hi, the article you are reading is Cara Mengembalikan Gadget (Widget ) Yang Terhapus di Blogger,the information that we present as best as possible. Hopefully the contents of the post Article Blog, that we wrote according to what you are looking for, useful and can help you. all right, have a nice reading.

Cara Mengembalikan Gadget (Widget ) Yang Terhapus di Blogger

Kita mungkin pernah menghapus gadget (widget) secara tidak sengaja, lantas kita menyesal habis-habisan. apa lagi yang terhapus adalah gadget (widget) yang penting. Seperti daftar link teman didunia maya dan lainnya.

Sebenarnya widget yang terhapus tersebut bisa kita kembalikan ke keadaan semula, asal: pertama, tahu widgetID yang terhapus, dan kedua, widgetID tersebut belum tergantikan. Karena itu, sebelum melakukan penghapusan, lihat terlebih dahulu widgetID-nya supaya mudah jika ingin dikembalikan.

beatdownx.blogspot.com



Untuk mengetahui widgetID setiap widget, jika kamu menggunakan browser Firefox atau Flock, kamu dapat melihatnya dengan cara mengarahkan panah mouse pada kata Edit sehingga muncul widgetID-nya, seperti pada gambar berikut:
beatdownx.blogspot.com



Lalu bagaimana jika lupa atau tidak tahu widget ID-nya? Jika demikian, kamu bisa menjajalnya melalui pencarian terhadap widget ID yang hilang, karena pada dasarnya ID pada setiap widget selalu berurut, misalnya: HTML1, HTML2, HTML3, dst. Widget ID bisa anda lihat bila anda melakukan backup template blog anda. Caranya
buka backupan template anda dengan wordpad, kemudian anda tekan ctrl+f masukkan judul Gadget (Widget) yang terhapus dan tekan enter. Maka didapat seperti dibawah:
<b:widget id="HTML3" locked="false" title="Link Sahabat" type="HTML">
Nah yang merah merupakan widget ID, yang biru judul widget yang kita cari.

Mengembalikan Widget Terhapus

Misalnya kita mau mengembalikan widget yang berisi link, yang sudah terhapus. ID widget tersebut misalnya HTML3. Maka caranya adalah:

* Dari dasbor blogger, pilih Tata Letak - Edit HTML.
* Kemudian cari kode berikut:

<b:section class="sidebar" id="sidebar" preferred="yes">
Jika kode tersebut lebih dari satu buah, kamu dapat memilih salah satunya sesuai keinginan.
* Setelah itu tambahkan kode ini di bawahnya:
<b:widget id="HTML3" locked="false" title="Link Sahabat" type="HTML"/>
Untuk title atau judul widgetnya, kamu bisa mengosongkannya atau menggantinya dengan nama lain jika kamu lupa title-nya. Yang penting adalah widget IDnya dan juga jangan lupa tambahkan "/" sebagai penutup, bila tidak maka template akan eror. Lihat seperti diatas.
* Simpanlah hasilnya dan ucapkan Alhamdulillah...

Sekarang, coba lihat hasilnya. Jika penempatannya kurang sesuai, kamu bisa menggesernya pada halaman Tata Letak - Elemen Halaman.
Semoga bermanfaat .....

Article Cara Mengembalikan Gadget (Widget ) Yang Terhapus di Blogger

Thats all Article about Cara Mengembalikan Gadget (Widget ) Yang Terhapus di Blogger for this time, thanks for reading and dont forget to share if this article helps you.

Related Post